Fresh Graduate Berkarya!

Apa yang anda bayangkan setelah menjadi seorang fresh graduate?

Melamar pekerjaan ke perusahaan pilihan, menghadapi persaingan dengan rekan-rekan lulusan perguruan tinggi lainnya, kemudian bekerja. Pasti itu yang umumnya terbayang oleh seseorang setelah menjadi seorang fresh graduate. Muda, berbakat dan memiliki bekal ilmu yang dikenyam selama berkuliah di perguruan tinggi rasanya cukup membawa gelar yang kita dapat untuk masuk ke lingkungan baru yang disebut dunia kerja.

Sayangnya, tidak semua fresh graduate memiliki nasib yang sama, tak terkecuali bagi salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia, ITB. Jumlah alumni fresh graduate yang semakin hari semakin tinggi serta jumlah lapangan pekerjaan yang tidak mampu menampung para fresh graduate setiap tahunnya menimbulkan kegelisahan sendiri di benak para generasi muda ini. Tuntutan keluarga serta pandangan masyarakat akan tindak lanjut gelar sarjana yang didapat membuat alumni fresh graduate sendiri khawatir karena merasa kondisi lapangan pekerjaan yang tersedia sedang surut.

Memiliki pekerjaan yang sesuai minat dan bidang yang kita jalani pasti menjadi cita-cita besar kita sebagai alumni fresh graduate. Memiliki penghasilan yang besar, lingkungan kerja yang nyaman dan kesempatan mengembangkan kemampuan yang kita punya juga menjadi dambaan masa depan alumni fresh graduate. Namun saat membuka mata di pagi hari dalam kondisi jobless kadang membuat kita ingin kembali ke masa lalu menjadi mahasiswa, dimana semua serba terarah dan jelas. Kita hanya dituntut untuk belajar, mendapatkan prestasi yang baik dan pada akhirnya dapat membanggakan keluarga. Sedangkan dengan posisi menjadi seorang fresh graduate, tuntutan menjadi mandiri dalam hal mental ataupun materil. Kegagalan demi kegagalan mendapatkan pekerjaan rasanya menjadi pukulan berat bagi alumni fresh graduate yang belum terbiasa dengan kondisi ini.

Lalu harus bagaimana menghadapi kegelisahan di benak kita sebagai alumni fresh graduate?

Memaksimalkan kreatifitas serta potensi diri lain yang dimilliki untuk mencoba menciptakan lapangan pekerjaan baru, bisa saja dimulai dari industri rumahan atau berani mengambil resiko membuat usaha yang lebih besar. Selain itu, bisa juga mengisi waktu yang ada dengan aktif di organisasi atau kegiatan lain sehingga softskills dalam bersosialisasi dan berkomunikasi juga terasah.

Saat ini, jangan cuma menjadi lulusan yang siap kerja, tetapi jadilah lulusan yang mampu member lapangan pekerjaan bagi orang lain. Kuburlah kegelisahan kalian, alumni fresh graduate, mari berkarya!

Advertisements

About asahope

Blog ini khusus diciptakan sebagai media komunikasi diantara sesama pendukung bang Amir Sambodo untuk Ketua IA ITB.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: