Karier Gemilang Amir Sambodo

Amir Sambodo merupakan sosok yang cukup dikenal atas prestasi-prestasinya di berbagai bidang. Beliau merintis karirnya pertama kali sebagai seorang profesionalis di dunia industri, berkaitan dengan basic ilmu yang didapatkannya selama berkuliah di jurusan Teknik Mesin ITB. Prestasi karirnya setelah lulus dari ITB pada tahun 1984 adalah menjadi 1 dari 15 orang tim perintis PT. Kraft Aceh, dengan tugas utama yaitu melatih 800 orang pegawai  untuk membangun, mengoperasikan dan memelihara pabrik kertas terbesar di Asia pada waktu itu. Pada usia 29 tahun, Bang Amir sudah mampu menduduki jabatan Maintenance Manager, sebuah jabatan satu level dibawah direktur.

Demi mencari tantangan baru, Bang Amir kemudian menerima tawaran Bapak Fadel Muhamad yang membuat anak perusahaan PT. Bukaka Kujang Prima, dan pada tahun 1993 Bang Amir sudah menjabat sebagai Direktur Utama. Dibawah kepemimpinannya, perusahaan ini maju pesat dengan jumlah karyawan mencapai 2500 orang. Pada tahun 1998, Bang Amir diminta menjabat sebagai Kepala BPPN. Tidak berhenti sampai disitu, karirnya terus melejir hingga menjadi komisaris utama PT. Karakatau Steel dari tahun 2004-2007, dan setelahnya menjadi Dirut di PT. Tuban Petrochemical Indutries hingga saat ini.

Tak hanya di bidang profesionalnya saja beliau berkiprah, di bidang pemerintahan juga Bang Amir merupakan sosok yang diperhitungkan. Setelah menjadi staf khusus Menristek saat era pemerintahan Gus Dur, beliau kemudian menjadi 1 dari 35 alumni ITB yang dipercaya sebagai staf khusus Menko Perekonomian dengan tugas utamanya mensinergiskan ekonomi makro dan mikro. Prestasi yang diraihnya saat menjadi staf khusus Kemenko adalah MP3EI atau Master Plan Percepatan dan Pengembangan Ekonomi Indonesia 2011-2015. Beliau juga hingga saat ini dipercaya sebagai Ketua Komite tetap Migas Hilir dan Petrokimia KADIN serta Presiden Asosiasi Industri Aromatic, Olefin dan Plastic.

Selain berkarir sebagai profesionalis ataupun di bidang pemerintahan, Bang Amir juga mengembangkan jiwa entrepreneurshipnya dengan mendirikan beberapa perusahaan seperti Technopreneur Center, juga sebagai Komisaris Utama dari PT. Teknopreneur Indonesia dan PT. Technoventura Bisnis Sinergi. Ide yang digagasnya ia kembangkan sendiri dengan niat mulia, yaitu untuk memajukan perekonomian dan menghasilkan generasi muda yang besar. Prestasi yang diraih Bang Amir di berbagai bidang tersebut menjadi bukti bahwa beliau merupakan sosok orang yang hebat dan memiliki kapabilitas di berbagai bidang yang berbeda.

Advertisements

About asahope

Blog ini khusus diciptakan sebagai media komunikasi diantara sesama pendukung bang Amir Sambodo untuk Ketua IA ITB.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: