Modal Ventura : Dari Bang Amir untuk Pengusaha Muda

Peningkatan jumlah lulusan perguruan tinggi yang jauh lebih tinggi daripada peningkatan jumlah lapangan pekerjaan menuntut lahirnya pengusaha baru yang berani mengambil resiko untuk menciptakan lapangan pekerjaan. Untuk mengembangkan keterampilan berwirausaha, beberapa perguruan tinggi ternama pun menjadikan kuliah manajemen dan kewirausahaan sebagai mata kuliah wajib yang harus diambil oleh mahasiswa. Semua itu dilakukan untuk menanamkan mental wirausaha pada diri mahasiswa sehingga diharapkan pola pikir sebagian mahasiswa berubah, tidak lagi berpikir mencari pekerjaan tapi menciptakan lapangan pekerjaan. Ketika keinginan serta keterampilan untuk berwirausaha telah berhasil ditanamkan di masa kuliah, muncul masalah baru yang mengecilkan niat para calon pengusaha untuk mulai berwirausaha. Masalah itu adalah modal.

Beberapa pengusaha sukses terbukti dapat memulai usaha dengan modal kecil. Namun, itu semua pada dasarnya dikembalikan ke jenis usaha yang akan dijalankan. Banyak calon pengusaha muda yang memiliki ide sangat kreatif namun terbentur kebutuhan modal yang cukup besar. Inovasi yang tinggi mutlak harus dilakukan untuk menambah nilai jual dari barang atau jasa yang ditawarkan. Tanpa inovasi, usaha yang dijalankan akan lambat berkembang atau bahkan akan mati dalam waktu singkat.

Modal bisa didapat dari berbagai sumber, baik dari internal maupun eksternal. Modal internal berasal dari simpanan calon pengusaha itu sendiri. Keuntungan dari jenis modal ini adalah tidak adanya beban biaya bunga. Namun, secara umum jumlah modal internal biasanya tidak terlalu besar sehingga calon pengusaha tetap harus menggunakan modal eksternal. Modal eksternal yaitu modal yang diperoleh dari pihak luar, biasanya dalam bentuk pinjaman, salah satunya berasal dari modal ventura.

Modal ventura merupakan suatu investasi dalam bentuk pembiayaan berupa penyertaan modal ke dalam suatu perusahaan sebagai partner usaha untuk jangka waktu tertentu. Di negara-negara maju, perusahaan modal ventura menjadi andalan pemerintah untuk meningkatkan perkembangan usaha masyarakat sehingga pada akhirnya akan menciptakan pertumbuhan ekonomi.  Sayangnya di Indonesia, tidak banyak perusahaan modal ventura yang memiliki kredibilitas tinggi.

Salah satu jenis modal ventura yang dikembangkan seorang pengusaha Indonesia adalah Techno Venture milik Amir Sambodo. Amir Sambodo, seorang alumni jurusan Teknik Mesin ITB, calon ketua umum IA ITB, pendiri Technopreneur Center dan menjadi komisaris utama di PT. Techno Venture Bisnis Sinergi. Penggagas konsep INDOVASI ini, mendirikan Techno Venture sebagai perusahaan modal ventura yang berfokus pada pengembangan usaha-usaha berbasis pada konsep INDOVASI di Indonesia, khususnya untuk alumni  ITB.

Konsep INDOVASI adalah konsep inovasi dalam teknologi, sains, bisnis serta seni kultural Indonesia. Techno Venture Business Synergy (TVBS) milik Amir Sambodo mendukung dan menopang pertumbuhan usaha yang dibiayai agar bertumbuh menjadi lebih kuat dalam hal akses terhadap pasar dan permodalan, melalui sejumlah skema pembiayaan. TVBS juga berperan sebagai penghubung terbentuknya kerjasama antara pebisnis dengan partner bisnis potensial dan investor. Modal ventura seperti TVBS sangat dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis para pengusaha muda Indonesia. Tumbuhnya lebih banyak modal ventura yang penuh integritas merupakan suatu sinyal positif perkembangan ekonomi tanah air dan Amir Sambodo telah mengambil bagian untuk mewujudkan hal itu.

(sumber: Website Techno Venture Business Synergy (TVBS) dan beberapa paper tentang modal ventura)

Advertisements

About asahope

Blog ini khusus diciptakan sebagai media komunikasi diantara sesama pendukung bang Amir Sambodo untuk Ketua IA ITB.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: