Entrepreneur sebagai Alternatif Masa Depan Alumni Muda ITB

Kemajuan di berbagai bidang menyebabkan munculnya kebutuhan baru yang dapat mendukung aktivitas masyarakat luas. Jiwa muda serta wawasan yang terbuka membuat alumni muda ITB kerap melihat kesempatan besar dari munculnya kebutuhan-kebutuhan tersebut yang ternyata tak banyak disadari kebanyakan orang. Bekal ilmu yang dimiliki serta kemauan untuk menghasilkan sesuatu membuat alumni muda ITB tak ragu-ragu untuk membuat berbagai inovasi yang mampu menjawab kebutuhan-kebutuhan yang bermunculan saat ini.

Alasan-alasan tersebut umumnya mendasari pilihan alumni muda ITB untuk berkecimpung dalam dunia entrepreneurship. Melakukan berbagai inovasi untuk memenuhi kebutuhan khalayak serta dunia kerja yang lebih dinamis dan kaya tantangan dirasa sesuai dengan kepribadian alumni muda ITB. Sehingga saat ini, menjadi seorang entrepreneur merupakan suatu pilihan masa depan bagi alumni muda ITB.

Menjadi seorang entrepreneur membutuhkan networking yang luas, tak hanya dari bidang usaha yang digeluti, melainkan juga dari bidang-bidang lain agar usaha yang dibuat tetap fresh dan mampu menjawab berbagai kebutuhan yang tidak statis. Bagi seorang entrepreneur yang usahanya tengah berjalan, networking jelas diperlukan untuk pemasaran, promosi ataupun pengembangan usaha. Sedangkan bagi para pemula, networking sangat penting untuk mempelajari pasar yang akan dihadapi, serta sebagai penilai ide yang dimiliki dan sebagai sarana untuk mempelajari langkah-langkah taktis yang perlu ditempuh oleh seorang entrepreneur.

Kebutuhan lain yang dirasa penting bagi alumni muda ITB sebagai entrepreneur adalah modal. Sebagian besar investor tidak dapat memberikan kepercayaan secara langsung pada seorang entrepreneur pemula, sehingga kesulitan mendapat modal untuk start up usaha yang akan dijalani kerap dialami alumni muda ITB yang memilih menjadi seorang entrepreneur. Kurangnya pengalaman dan belum adanya jaminan keberhasilan membuat investor ragu untuk menanamkan modal dalam suatu usaha yang akan dimulai entrepreneur pemula ini, hingga terkadang ide cemerlang yang menghasilkan inovasi tertentu tidak dapat realisasikan menjadi sebuah produk atau jasa yang nyata.

Kebutuhan utama alumni muda ITB sebagai entrepreneur yaitu networking dapat difasilitasi oleh IA ITB melalui kegiatan berkumpulnya alumni ITB seperti temu alumni, atau acara khusus seperti lingkar wacana mengenai entrepreneurship dengan alumni ITB entrepreneur sebagai narasumbernya. Melalui kegiatan tersebut, jaringan bisnis ataupun dalam bentuk rekanan lainnya dapat terbentuk, selain itu para alumni muda dapat belajar dari alumni-alumni lain yang sudah berpengalaman di dunia bisnis, atau yang ahli dalam suatu bidang. Melalui networking tersebut nantinya akan terbangun rasa percaya antar alumni sehingga diharapkan dapat bekerja sama menjadi investor bagi usaha yang akan dijalankan oleh para alumni muda ITB.

Kegiatan IA ITB yang memfasilitasi berkembangnya alumni muda akan meningkatkan mutu dan potensi alumni muda yang juga menjadi salah satu misi IA ITB.  Profesi alumni ITB sebagai seorang entrepreneur menjadi sesuatu yang patut diperhitungkan sebagai pilihan masa depan alumni selanjutnya, karena melalui profesi ini, alumni ITB dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya secara maksimal dan juga membantu memecahkan berbagai kebutuhan masyarakat yang semakin hari semakin berkembang pula.

Advertisements

About asahope

Blog ini khusus diciptakan sebagai media komunikasi diantara sesama pendukung bang Amir Sambodo untuk Ketua IA ITB.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: