Industri Kreatif Mengakar pada INDOVASI

Bisnis di industri kreatif saat ini tengah berkembang pesat, tak selalu bisnis berbasis teknologi atau sains yang dapat merambah puncak dunia industri Indonesia bahkan dunia, bisnis sederhana yang mampu menjawab kebutuhan masyarakat juga dapat menjadi sesuatu yang besar.

Industri kreatif dapat berupa penyediaan produk kreatif langsung ataupun penambahan nilai kreatif pada produk yang ada dan secara tidak langsung berhubungan dengan pelanggan. Ciri produk industri kreatif antara lain, siklus hidupnya singkat, risiko tinggi, margin keuntungannya tinggi, keanekaragaman yang tinggi, persaingan tinggi dan kemungkinan mudah ditiru. Kategori industri kreatif saat ini tidak hanya di bidang fashion atau entertainment saja, tapi sudah merambah ke kategori umum lain seperti makanan atau produk lainnya.

Amir Sambodo menyatakan bahwa industri kreatif ini jelas berawal dari sebuah inovasi. Dapat dilihat juga, produk-produk dari industri kreatif yang tengah berkembang saat ini banyak yang menonjolkan seni kultural dan tradisional dari Indonesia sebagai adding valuebagi suatu produk umum. Meskipun fungsi produk tetap sama, tapi nilai seni bertambah, contohnya baju jadi berbahan dasar batik.  Hal ini adalah salah satu contoh sederhana yang coba dijelaskan Bang Amir dalam konsep INDOVASI-nya.

Saat ini, industri kreatiflah yang masih berperan besar mengangkat nama Indonesia dalam ranah bisnis, menjadi sutu nilai tambah ekonomis. Beliau berharap, pada akhirnya tak hanya industri kreatif saja, melainkan industri berbasis sains dan teknologi juga bisa menerapkan konsep INDOVASI yang digagasnya dan mengangkat ciri khas ke-Indonesia-an sebagai nilai tambah ekonomis suatu produk.

Mari alumni muda ITB, sanggupkah menerima tantangan untuk berinovasi dengan ilmu yang Anda miliki?

Advertisements

About asahope

Blog ini khusus diciptakan sebagai media komunikasi diantara sesama pendukung bang Amir Sambodo untuk Ketua IA ITB.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: