Pengembangan Entrepreneur Muda menjadi Realisasi Misi IA ITB

Saat ini IA ITB mulai menunjukkan kepedulian terhadap alumni muda yang berprofesi sebagai entrepreneur. Telah disadari bahwa sudah banyak jumlah alumni muda ITB yang mengembangkan diri menjadi seorang entrepreneur, IA ITB melakukan program-program yang dapat mendukung dan memfasilitasi alumni muda tersebut. Ketua bidang bisnis dan teknopreneur IA ITB, Bapak Amir Sambodo menyadari potensi berkembangnya jiwa entrepreneur dalam diri para lulusan ITB bahkan sebelum beliau menjabat sebagai ketua bidang tersebut. Menurutnya, mind set  lulusan ITB sebaiknya tidak hanya terfokus untuk menjadi seorang karyawan, melainkan menerima tantangan dunia bisnis untuk menyediakan lapangan pekerjaan baru.

Sesuai program kerja beliau sebagai ketua bidang bisnis dan teknopreneur, Bapak Amir Sambodo mencoba mengenalkan bidang entrepreneur yang tidak lepas dari latar belakang ilmu alumni muda selama berkuliah di ITB. Beliau mencoba menyadarkan alumni muda yang berjiwa entrepreneur, bahwa berbagai bidang teknologi tengah berkembang dalam dunia industri dan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat dewasa ini. Melalui pemikiran tersebut tercetuslah program teknopreneur yang merupakan gabungan antara teknologi dan entrepreneurship. Melalui teknopreneur inilah, ilmu yang didapat selama kuliah di ITB dapat diaplikasikan menjadi sebuah produk atau jasa siap guna yang menjadi solusi permasalahan masyarakat. Program ini mulai diperkenalkan oleh IA ITB terutama Bapak Amir Sambodo kepada alumni muda, agar alumni muda dapat memanfaatkan ilmu sebaik-baiknya dengan menjadi entrepreneur.

Bapak Amir Sambodo dibawah naungan IA ITB juga telah memfasilitasi pertemuan beberapa alumni muda yang berprofesi sebagai entrepreneur dan yang akan memulai menjadi seorang entrepreneur. hasil pertemuan tersebut menggambarkan minat alumni muda dalam dunia entrepreneurship dan sudah sejauh mana mereka berkecimpung didalamnya. Pertemuan ini terbukti berdampak positif pada alumni muda lain yang belum terpikir atau belum memiliki keberanian untuk terjun kedalam dunia entrepreneurship. Pengalaman para entrepreneur muda tersebut menjadi pemicu sekaligus pembelajaran untuk alumni muda ITB lain untuk mengikuti jejak mereka dengan langkah yang lebih baik.

Kegiatan-kegiatan positif seperti ini sangat penting untuk dijaga keberlangsungannya, agar alumni muda ITB menyadari potensi lain yang mampu dilakukannya untuk membangun diri menjadi pribadi yang lebih bermanfaat sekaligus membangun masyarakat dan bangsai melalui ide-ide cemerlang dan inovasi yang muncul.

Advertisements

About asahope

Blog ini khusus diciptakan sebagai media komunikasi diantara sesama pendukung bang Amir Sambodo untuk Ketua IA ITB.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: