Beasiswa Ekonomi untuk Almamater Terdepan

Selama ini di Indonesia biaya pendidikan masih disubsidi pemerintah, termasuk di perguruan tinggi. Sedangkan anggaran biaya pemerintah diperoleh dari pajak yang dibayarkan olek semua masyarakat Indonesia baik yang kaya maupun yang miskin. Dari subsidi tersebut mahasiswa dapat menikmati pengajaran yang baik, sarana dan prasarana yang lengkap, dan fasilitas yang mendukung. Serta mendapatkan bekal untuk mencari pekerjaan yang layak. Tidak adil jika subsidi pendidikan ini hanya dinikmati oleh orang kaya, orang yang bisa masuk perguruan tinggi. Sedangkan masyarakat miskin tidak bisa menikmati subsidi pendidikan ini yang didalamnya ada uang hasil kerja keras mereka, hanya karena tidak bisa membayar biaya kuliah. Padahal seperti tercantum dalam Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 31 ayat 1 bahwa “Tiap-tiap warga negara berhak mendapatkan pengajaran”. Salah satu usaha yang bisa dilakukan adalah memberikan beasiswa kepada para mahasiswa dari kalangan ekonomi tidak mampu ini.

Indonesia begitu luas dengan 205,1 juta penduduk yang tersebar di seluruh penjuru tanah air dari Sabang sampai Merauke. Permasalahannya tidak semua daerah mendapatkan pemerataan pendidikan yang sama terutama di daerah pelosok. Jika ingin pemberian beasiswa benar-banar tersalurkan secara efektif dan tepat sasaran, tentu tidak bisa serta merta diberikan ke sembarang orang. Beasiswa ini harus terintegrasi dengan baik. Apalagi informasi sangat terbatas di daerah-daerah pelosok. Padahal justru di daerah ini banyak bibit-bibit unggul yang potensial.

Karena pentingnya masalah ini sehingga menjadi salah satu “concern” dari salah satu calon ketua IA ITB, Amir Sambodo, melalui misi ‘Terdepan Untuk Almamater’ yang akan diturunkan menjadi suatu progran kerja yaitu mendukung program beasiswa untuk mahasiswa tidak mampu secara ekonomi. Untuk itu sangat dibutuhkan partisipasi dan peran serta alumni ITB, seperti Bang Amir untuk mewujudkan niat mulia ini, yang akan diintegrasikan dalam ikatan alumni ITB sebagai wujud bakti kepada Tuhan, bangsa dan almamater. Saatnya para alumni tidak hanya memikirkan egoisme pribadi untuk memenuhi kebutuhannya sendiri. Saatnya para alumni berinvestasi untuk generasi penerus setelahnya.

Advertisements

About asahope

Blog ini khusus diciptakan sebagai media komunikasi diantara sesama pendukung bang Amir Sambodo untuk Ketua IA ITB.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: