Program Riset dan Pendidikan untuk ITB

Dalam upayanya meningkatkan peringkat ITB sebagai world class university, ITB terus berupaya meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dan riset. Penelitian dan riset ini tentu membutuhkan dana yang tidak sedikit. Selama ini IA-ITB adalah lembaga yang paling banyak memberikan bantuan dana guna kegiatan riset di ITB dibandingkan dua lembaga yang lain, yakni Asahi dan Osaka. Amir Sambodo, sekali lagi menunjukkan kepeduliannya terhadap almamater ITB untuk menjadi yang terdepan melalui programnya mendukung program riset dan pendidikan.

Sampai saat ini IA-ITB telah tiga kali memberikan dana hibah riset. Yang pertama pada periode 2008-2009 IA-ITB telah menyalurkan dana dengan total 1,25 milyar rupiah untuk 13 judul penelitian. Lalu pada periode 2009-2010 tepatnya pada agustus 2009 IA-ITB kembali mengucurkan dana dengan total satu milyar rupiah untuk 10 judul penelitian. Dan yang ketiga sebesar satu milyar yang diberikan pada bulan juni 2011. Harapan kedepannya program ini akan stabil dan berkelanjutan. Untuk itu IA-ITB telah berkomitmen memberikan bantuan senilai satu milyar rupiah setiap tahunnya. IA-ITB sangat mendukung program penelitian dan riset ini adalah agar ITB lebih maju dan dikenal di dunia. Jika ITB maju maka alumninya juga akan maju.

Seperti tertuang dalam Pasal 43 Anggaran Dasar IA-ITB tentang PENGEMBANGAN RISET ITB yaitu IA ITB mendukung sepenuhnya pengembangan riset di ITB dalam bentuk pemberian dana hibah riset dan kegiatan penunjang lainnya. Tujuannya adalah untuk meningkatkan daya saing ITB di dunia internasional. Karena dengan Hibah Riset ini akan membantu ITB untuk lebih mapan dan mandiri. Dan kemandirian akan mampu meningkatkan daya saing ITB di dunia Internasional.

Semenjak adanya program Hibah Riset IA-ITB ini kualitas dosen-dosen di ITB semakin meningkat. Saat ini terdapat 1.200 dosen yang tercatat di ITB. Bila tahun 2010 ITB hanya berhasil melakukan dua ratusan publikasi jurnal riset, maka tahun ini ITB menargetkan 500 publikasi jurnal riset. Ke depannya ITB secara bertahap akan menargetkan agar tiap dosen mampu mempublikasikan setidaknya dua jurnal riset per tahunnya. Melalui program kerja yang diusung Amir Sambodo ini, beliau berharap agar ITB mampu menjadi universitas kelas dunia yang hasil risetnya dapat bermanfaat bagi kebutuhan bangsa Indonesia di masa mendatang.

Advertisements

About asahope

Blog ini khusus diciptakan sebagai media komunikasi diantara sesama pendukung bang Amir Sambodo untuk Ketua IA ITB.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: